Hujan Berkah Para Petani, Jalan Dibuka Bibitpun Didapat - arsip kodim 0311 pessel

Jumat, 30 September 2016

Hujan Berkah Para Petani, Jalan Dibuka Bibitpun Didapat

Para petani Kampung Tanjung Kandis di Kenagarian Taluak Tigo Sakato kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) sangat bersyukur dengan adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97. Mereka tidak hanya memperoleh pembangunan infrastruktur, tapi juga pembinaan mental dan spritual.


Malahan, semenjak akses jalan telah dibuka oleh para tentara, mereka sekarang kembali membuka lahan yang mulai ditinggalkan. Menariknya, keberkahan kembali datang dengan adanya pembagian 5 ribu  batang cokelat (kakao) pada masyarakat.


Pembagian itu dilakukan karena telah banyaknya warga membuka lahan pertanian semenjak program TMMD 97 masuk ke kampung tersebut.


Danramil 05 Batang Kapas, Amat Sapri mengungkapkan sebanyak 5 ribu batang cokelat yang subur itu merupakan bantuan dari provinsi sumbar. “Nanti kita bagikan kepada warga setempat , sebab banyak kami lihat masyarakat disini sudah aktif berladang” ungkapnya.


Sikap masyarakat  yang tergerak membuka ladang itu didukung oleh pembukaan jalan hutan sepanjang 12 kilometer yang tengah  dibuka oleh  para prajurit TNI di kawasan TMMD 97 Kodim 0311/Pessel.


Ana salah seorang warga mengatakan program TMMD sungguh memberikan banyak manfaat ditengah tengah kehidupan masyarakat.


Selaku orang tua asuh yang tinggal dengan anak asuhnya sebanyak 4 orang dari prajurit, baru disadari kehadiran mereka mendatangkan banyak keuntungan. “Kampung kami jadi bersih, rumah kami jadi ramai dan penuh dengan senda gurau. Kami pasti merasa kehilangan jika suatu saat mereka pergi” ujarnya, Kamis, 29/9/2016.


Soal pohon cokelat yang akan dibagikan oleh prajurit itu, katanya akan ditanam pada lahannya yang masih kosong yang jarak  tak jauh dari rumah. Ia akan merawat dan menjaga dengan serius, hingga kelak akan memetik hasil yang dapat menyokong ekonomi menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar