PKK NAGARI BUNGO PASANG KUNJUNGI MAKODIM 0311/PESSEL - arsip kodim 0311 pessel

Selasa, 14 Februari 2017

PKK NAGARI BUNGO PASANG KUNJUNGI MAKODIM 0311/PESSEL

 

Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang harganya sangat berfluktuasi (turun naik/labil) . Hal ini yang memancing orang untuk menanam cabe, baik untuk dijual maupun sekadar untuk persediaan sendiri. Ketersedian lahan untuk bercocok tanam sangat terbatas, namun hal ini bisa disiasati dengan menanam cabe dalam polybag.

Oleh Karena Itu Anggota Penggerak PKK Nagari Bungo Pasang didampingi oleh Wali Nagari Bungo Pasang Bpk. Nasri Hendrijon BSC. mengunjungi Makodim 0311/Pessel untuk mengetahui tata cara budidaya tanaman cabe dan terong yang berada di halaman depan piket Makodim 0311/Pessel. Rombongan disambut langsung oleh Komandan Kodim 0311/Pessel Letkol Inf Setiya Asmara, S.I.P didampingi oleh Pasiter Kodim 0311/Pessel Kapten Inf Rudi Saragi dan Bintara Tinggi Teritorial Serma Narison sebagai narasumber tentang tata cara perawatan tanaman cabai/terong dalam media tanam polybag di Makodim 0311/Pessel. Selasa (14/02/2017).

Serma Narison menjelaskan bahwa pertama yang dilakukan yaitu pengolahan tanah yang digunakan untuk media tanam adalah tanah terletak dibawah pohon bambu dan untuk bahan campurannya yaitu sekam padi dan kotoran sapi/ayam. Perbandingan tanah, sekam dan kotoran sapi/ayam adalah 2 banding 1, kedua proses permentasi tanah dilakukan dalam jangka minimal 1 minggu lalu dimasukkan ke media tanam polybag, ketiga polybag yang sudah diisi tanah siap untuk ditanami oleh bibit cabai/terong dan diteduhkan/tidak langsung terkena sinar matahari selama minimal 1 minggu, keempat sesudah diteduhkan selama 1 minggu dibawa ke ruang terbuka agar terkena matahari langsung dan tanaman cabai/terong di polybag siap untuk dilakukan perawatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Bungo Pasang Ibuk Yefita mengatakan untuk mewujudkan upaya tanam cabai/terong di Nagari Bungo Pasang kita perlu bergandengan tangan dengan Kodim 0311/Pessel melalui program pemanfaatan pekarangan dengan menguatkan program kawasan rumah pangan lestari. Program ini selain mendukung ketahanan pangan dan ketahanan keluarga, juga untuk menjawab kebutuhan akan sumberdaya lahan yang semakin meningkat, di tengah ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Bungo Pasang menyebutkan manfaat tanaman cabai/terong dalam polybag yang berada di Makodim 0311/Pessel sebagai contoh bagi PKK yang tentunya dapat ditanami di lahan pekarangan. ‘’Ini tentunya sebagai salah satu peningkatan kualitas hidup keluarga dan kontribusi PKK dalam menggalakkan pembangunan yang bermuara pada peningkatan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik di Nagari Bungo Pasang umumnya Kabupaten Pesisir Selatan,’’ ucapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar